Search This Blog

Friday, May 6, 2011

ILMU MARKETING

ILMU MARKETING
Dalam suatu perusahaan apapun juga,pasti ada yg namanya seorang marketing. Dimana org tersebut yang berkewajiban untuk mencari pelanggan dan menghasilkan omset bagi perusahaan tersebut.

Fungsi Marketing yang utama adalah sbb:

Distribusi : Penjualan barang ke konsumen

Display : Pemajangan barang di toko

Promosi : Memperkenalkan barang ke konsumen

Konsultan : Menerima keluhan / saran konsumen

Pelayanan : Melayani konsumen dengan baik

Menjaga citra : Sebagai wakil dari perusahaan menjaga citra produk & perusahaan itu sendiri
Seorang marketing yg profesional mempunyai prinsip dasar sbb:
  • Tahu
Mengerti benar produk apa yg dijualnya,harga barang tsb,kualitas
dan keistimewaannya.
  • Bisa
Sanggup melakukan tugasnya,baik dalam menjual produk dan menutup
target penjualan.
  • Mau
Memiliki keinginan untuk memperkenalkan produknya agar diminati oleh konsumen.
Dalam marketing ada 4 komponen dasar yang wajib dikuasai oleh seorang marketing,komponen tersebut biasa disebut Marketing Mix(4P).
Marketing Mix (4P) :
  1. Product
Menguasai barang dagangan yang dijual,baik keunggulannya,spesifikasinya,dan hal-hal lain yang berhubungan dgn produk tersebut.
  1. Price
Menguasai berapa harga barang tersebut,harga jualnya,keuntungan yang bisa diraih,dll
  1. Promotion
Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua orang,agar orang lain tertarik untuk membeli.
  1. Place
Seorang marketing yg pandai,tahu dimana ia harus melakukan trik-trik tertentu.Juga tahu tempat/sasaran yang dituju,dimana produknya akan laku dijual.
Hal-hal yg hrs dimiliki oleh seorang marketing :
  • Berpikiran positif / motivasi tinggi
  • Berjiwa dagang
  • Bekerja lebih
  • Berani mengambil resiko
  • Berinisiatif
  • Selalu melihat peluang dagang
  • Fleksibel
  • Mampu menjual
  • Bekerja sama
Perbedaan antara Intrapreneurship dan Entrepreneurship :

Intrapreneurship : Pengusaha yang terikat oleh aturan perusahaan

Entrepreneurship : Pengusaha yang tidak terikat oleh aturan perusahaan

Pengetahuaan dasar yang dimiliki oleh seorang marketing :

Product knowledge:
  • Manfaat bagi konsumen & pedagang
  • Segmentasi,penyesuaian produk dagangan dengan kelas konsumen
Market knowledge :
  • Pesaing utama
  • Kegiatan / pola kerja pesaing
Sistem prosedur kerja :
  • Sistem target
  • Peraturan-peraturan dasar
Program promosi:
  • Mekanisme promosi
  • Cara menyampaikan ke konsumen
Kunci sukses seorang marketing :
  • Mencapai target
  • Disukai pelanggan : diterima sebagai teman
  • Kerja sama team
Ketrampilan khusus yg hrs dimiliki :
Komunikasi,menjual,mengerti tipe2 konsumen,motivasi
(sikap positif,percaya diri dan berkembang)
Senyum di pagi hari adalah awal dari semangat seorang marketing…
Selamat bekerja wahai marketing,sukses selalu !!!

No comments:

Post a Comment